To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna

Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna

Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna. Berikut di bawah ini kita akan belajar cara membuat kerajinan unik berupa lilin hias warna-warni dalam gelas mini.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik


Ada banyak sekali jenis kerajinan tangan unik yang bisa dibuat sendiri. Salah satunya adalah lilin hias berwarna warni dengan wadah dari gelas kecil yang terbuat dari kaca.

Lilin hias seperti ini bisa dipakai sebagai hiasan meja atau ruangan seperti ruang tamu atau kamar tidur. Tapi bisa juga digunakan sebagai alat penerangan untuk membuat suasana kamar yang lebih romantis atau lebih indah di malam hari.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik - Fungsi Lilin Hias


fungsi lainya bisa juga lilin hias seperti ini kita tambahkan beberapa bahan wewangian untuk keperluan pengharum ruangan atau untuk keperluan terapi. Sebagai pewangi ruangan bisa ditambahkan bahan pewangi dengan aroma yang segar seperti misalnya aroma bunga atau bisa juga aroma buah-buahan. Sedangkan untuk keperluan terapi bisa juga ditambahkan bahan lain seperti rempah-rempah misalnya cengkeh, kayu manis, sereh, dan lain sebagainya.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik - Bahan Membuat Lilin Warna


Untuk membuat lilin warna-warni ini caranya tidak sulit. Selain itu bahan yang diperlukan tidaklah terlalu banyak, dan tidak terlalu sulit didapat. Bahan utamanya tentu saja bahan lilin, sedangkan bahan pendukungnya berupa crayon, sumbu, wadah, dan gelas mini.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna


Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan unik berupa lilin hias warna warni :


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 01
bahan utama yaitu bahan lilin (lilin bubuk/serut), crayon, sumbu, gelas, penyangga, pengaduk, dan wadah.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 02
Pertama tuangkan sedikit bahan lilin ke dalam wadah, lalu panaskan hingga mencair di dalam oven atau alat bantu yang lain. Ini nanti digunakan untuk melapisi sumbu dengan lilin agar bisa berdiri tegak saat diletakkan di dalam gelas. 


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 03
Setelah lilin mencair, tuangkan sedikit lilin cair ke dalam gelas kaca mini yang akan dijadikan wadah lilin hias. Kemudian letakkan sumbu yang telah diolesi lilin cair ke dasar gelas. Atur agar sumbu bisa berdiri tegak di dalam gelas.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 04
Siapkan beberapa buah krayon dengan warna yang berbeda-beda. Kupas dan buang bungkus kertas pada krayon. Ambil isi krayonnya saja.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 05
Letakkan beberapa potong krayon dalam beberapa wadah kecil yang telah berisi bahan lilin. Pastikan masing-wasing wadah berisi krayon dengan warna yang berbeda. Lalu panaskan dalam oven hingga mencair.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 06
Setelah campuran lilin dan krayon tadi mencair keluarkan dari oven. Siapkan gelas kaca yang telah berisi sumbu. Letakkan gelas dengan posisi miring di satu sisi. Untuk mempermudah gunakan alat bantu untuk menyangga gelas agar tidak bergoyang-goyang.

Lalu tuangkan sedikit demi sedikit lilin cair yang berwarna tadi. Tuangkan satu warna terlebih dahulu sedikit saja. Lalu tunggu hingga lilin membeku.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 07
Setelah lilin cair warna yang pertama tadi membeku, balik dan miringkan gelas pada posisi sebaliknya. Kemudian tuangkan lilin cair dengan warna yang berbeda ke dalam gelas dengan posisi miring berlawanan arah.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 08
Ulangi langkah seperti di atas hingga sekitar 3 macam warna dan gelas penuh dengan lilin.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 09
Untuk lilin warna cair yang terakhir, tuangkan dengan posisi gelas tegak lurus hingga terisi penuh. Tunggu sebentar sampai lilin cair membeku dan dingin.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna 10
Lilin hias sudah jadi dan siap digunakan.


VIDEO

Video Cara Membuat Kerajinan Tangan Unik Lilin Warna


Itulah sedikit trik cara membuat kerajinan tangan unik berupa lilin hias warna-warni, semoga bermanfaat.

gambar: lovethispic.com

4 comments:

domelpoli said...

hai.. aku sudah coba membuat lilin hias yg dicetak didalam gelas.. masalah yg selalu aku alami adalh setelah mulai mengeras, pemukaan lilin menjadi cekung dan terdapat gelembung-gelembung putih. itu kenapa ya? mohon bantuannya

Anonymous said...

asw,buat artikel pk di unci sgala,kalo berbagi ilmu jgn stengah2,buat tugas skolh nih

Unknown said...

Nama teknik nya teknik apa yah?

Unknown said...

kreatif, cantik & menarik

Custom Search